Halooo....:hi:lagi2 lama juga Gw gag posting di Blog Butut ini...
Kali ini yang bakalan dibahas tuh soal Sanksi Pelanggaran Lalu Lintas sesuai UU No.22 Th.2009, Mulai hari ini / 01 November 2009, Jajaran Polantas di wilayah Samarinda sudah mulai memberlakukan Peraturan ini... Yang paling kerasa banget tuh soal HELM dengan SNI(STANDAR NASIONAL INDONESIA) bagi pera pengendara sepeda motor. :yawn:Ada banyak helm standar yang dijual dipasaran dengan berbagai bentuknya pula, tapi ga semua memiliki SNI ini. Untuk lebih jelasnya mengenai Standar Helm akan Gw bahas di postingan selanjutnya, begitu pula mengenai penggunaan Spion Kiri dan Kanan yang wajib dipasang di kendaraan bermotor.:tsk: Mendadak Spion Motor jadi agag susah buat dicari, khususnya yang sebelah kiri, coz sebagian besar orang hanya menggunakan spion kanan saja di motornya.:sorry:

Kembali ke TKP....
Berikut hasil googlingan Gw mengenai Sanksi Pelanggaran Lalu Lintas menurut UU No.22 Th.2009 yang udah disahkan sama DPR per 22 JUNI lalu :

- Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281).

- Setiap pengendara kendaraan bermotor yang memiliki SIM namun tak dapat menunjukkannya saat razia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 288 ayat 2).

- Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 282).

- Setiap pengendara sepeda motor yang tak dilengkapi kelayakan kendaraan seperti spion, lampu utama, lampu rem,klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 285 ayat 1).

- Setiap pengendara mobil yang tak dilengkapi kelayakan kendaraan seperti spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu rem, kaca depan, bumper, penghapus kaca dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 285 ayat 2).

- Setiap pengendara mobil yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan berupa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 278).

- Setiap pengendara yang melanggar rambu lalu lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 287 ayat 1).

- Setiap pengendara yang melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 287 ayat 5).

- Setiap pengendara yang tak memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 288 ayat 1).

- Setiap pengemudi atau penumpang yang duduk disamping pengemudi mobil yang tidak mengenakan sabuk keselamatan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 289).

- Setiap pengendara atau penumpang sepeda motor yang tak mengenakan helm standar nasional dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 291).

- Setiap pengendara sepeda motor yang akan berbelok atau balik arah tanpa memberi isyarat lampu dipidana dengan kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 294).

Informasi diatas bersumber dari http://metro.vivanews.com/news/read/99961-inilah_daftar_denda_tilang_kendaraan.

Kalau diliat2....waduhhh..bisa kere mendadak kalo anak Kost kaya Gw kena tilang gini... :argh:kemaren aja nyari Spion di Samarinda susah banget... keduluan sama orang2 yang udah prepare.hohoho.... tapi alhamdulillah udah lengkap semua....:hulahula:(ssstttt..kecuali alat pengukur kecepatan/speedometer...hihi).:devilishgrin:

Sekian dulu postingan kali ini.... semoga bermanfaat buat para pembaca.:okay:

CHALIEF
:astig:

Menurut Loe: 

11 Komentar di "UU No.22 Th 2009 tentang Sanksi Pelanggaran Lalu Lintas"

  1. AISHALIFE-LINE Bilang,

    wah...nice info bro..thanks ya.

     

  2. Chalief Bilang,

    @AISHALIFE-LINE : Yup,,thankz juga Sis...

     

  3. elistadyon Bilang,

    tau nggak mas chalif kemarin aku juga abis kena razia hiks gak bawa spion, gak bawa stnk,juga gak gawa sim,,komplit dahh untung mr polis masih baek hati jadi aku dilepaskan dengan satu syarat bayar denda di kantor polis .jadi postingannya agak telat mas,,,klu aja

     

  4. Chalief Bilang,

    @ elistadyon : wah wah.,..hebat tuh mas.... selamat yaa....heuhue.. tapi klu aja apa tuh,kayanya komennya gag mpe abis tuh..hehehe

     

  5. Cak Win Bilang,

    Wah makin banyak aja nih Undang-undangnya :)

     

  6. A9YnD1LV3R Bilang,

    Terus, alasan utamanya apa ya di buat begitu ketat?

    Rif, kerja sama yuk buat situs download gratis (music,ebook,film)?
    Hubungi HP atau email aje, no problem..

     

  7. Anonim Bilang,

    gimana ya.. bingung jg... sni kn mahal jg

     

  8. Be safe Bilang,

    di jogja gak ngefek bro :)

    yah balap2an liar masih banyak (bahkan ada yg suka trek2an di depan POS POLISI di jalan raya TANPA helm pula)
    -spion gak dipasang juga ndak apa2..

    -belok kiri lampu merah yang tanpa tanda "belok kiri jalan terus" sering diterjang..

    -gak pake helmpun polisi juga biasa2 aja liatnya,, kecuali ketemu ama yang senior hahaha.. :D

    -dan yang parah, supporter bola dikasih jalan special access ke jalur mobil ring road :D

     

  9. Bola Bilang,

    klo liat peraturannya jadi mesti nurut, klo gak bisa amsiong dah.

     

  10. Wah..klo masalah itu gak ngerti deh ane..biar para ahlinya az yg bicara..hehe..

     

  11. Chalief Bilang,

    @Cak Win : iya, sesekali kepiting kek yaa...hehehe

    @Agung : hmmm, silahkan ditanyakan kepada pak polisi,, hehhe, boleh aja bro,

    @Anonim : Sekarang dah murah kok,, ada yg cum 50rb,, hhe

    @Be Safe : wahhh... mungkin udah terlalu banyak yang melanggar n udah ga bisa diatur lagi..turut berduka bro..

    @Bola : yoyoy,, lumayan abis berjuta2,,,hahha

    @Lirik Lagu Barat : Setuju, ane juga cuma ngasih informasi, hhe

     

  • :)
  • :(
  • ;)
  • :D
  • :L
  • :$
  • :p
  • :k
  • :o
  • :@
  • :v
  • :c
  • :O
  • :r
  • :y
  • :#
  • :x
  • :~
  • :f
  • :d
  • :t
  • :s
  • :h
  • :B
  • :C
  • :w
  • :a

Posting Komentar

Loe Bisa Tinggalkan Komentar Disiniiiiii....^_^
TERIMAKASIH BUAT KOMENTAR-nya....Keep Bloging..
C H A L I E F O R E V E R

Next previous home

Text Widget

Text Widget

    About Me

    Foto Saya
    Muhammad Syarif Abdillah
    Lihat profil lengkapku

    Daftar Artikel

    5 Artikel Terakhir

    5 Komentar Terakhir

    Top Komentator
    100 Blog Indonesia Terbaik blog-indonesia.com
    Kafe Blogger
    Kafe Blogger
    Computers TopOfBlogs
    Personal blogs

    eXTReMe Tracker