Seberapa jauhkah anda sudah mengenal Windows XP anda? Sebuah situs bernama CLIPMARKS memberikan 20 daftar tentang bagian dari XP yang kurang diketahui orang awam. Berikut adalah daftar tersebut :

1. Masuk ke dalam Command Prompt pada menu accessories melalui tombol START, kemudian ketik 'systeminfo'. Komputer anda akan menghasilkan beberapa info yang berguna termasuk uptime. Jika anda ingin menyimpan info ini, ketik 'systeminfo>info.txl'. Perintah ini akan membuat file bernama "info.txt" yang dapat dilihat melalui notepad. (Hanya untuk edisi professional)

2. Anda dapat menghapus file tanpa harus memindahkan mereka ke dalam recycle bin terlebih dahulu. Pilih Run pada menu START, lalu ketik 'gpedit.msc', kemudian pilih User Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Explorer dan temukan pengaturan Do not move deleted files to the Recycle Bin. (Hanya untuk edisi professional)

3. Anda dapat mengunci workstation XP hanya dengan mengklik mouse 2x. Ciptakan shortcut baru pada desktop dengan klik kanan mouse lalu ketik 'rundll32.exe user32.dll,LockWorkStation'. Berikan nama shortcut apapun terserah anda. Setelah shortcut muncul, gunakan ikon tersebut untuk mengunci workstation dengan mengkliknya 2x.

4. XP menyembunyikan beberapa software pada sistem yang mungkin ingin anda hapus, seperti Windows Messenger, tetapi anda dapat menampilkan semua software tersembunyi tersebut.Gunakan Notepad atau Edit, edit-lah text file/windows/inf/sysoc.inf, cari kata 'hide' dan hapus. Kemudian anda dapat masuk ke add or remove programs pada Control Panel, dan semua software tersembunyi tersebut akan muncul dan anda dapat melakukan uninstall.

5. Bagi anda yang ahli dalam file DOS batch, XP mempunyai beberapa perintah menarik. Hal ini termasuk 'eventcreate' dan 'eventtriggers' untuk menciptakan dan melihat kejadian-kejadian pada sistem. Perintah 'typeperf' untuk memonitor kinerja dan berbagai subsistem, dan 'schtasks' untuk menangani jadwal pekerjaan. Seperti biasa, mengetik perintah diikuti oleh tanda "/?" akan memberikan daftar opsi.

6. XP memiliki dukungan IP versi 6.

7. Anda dapat menyingkirkan tasks pada komputer dari command line dengan menggunakan 'taskkill/pid' dan task number atau dengan 'tskill' dan process number. Ketik tasklist' untuk mengetahui apa yang sedang terjadi pada sistem.

8. XP akan memperlakukan file ZIP seperti folder, yang akan bekerja dengan baik pada komputer yang cepat. Pada komputer yang agak lambat, XP dapat membiarkan file ZIP sendiri dengan mengetik 'regsvr32 /u zipfldr.dll' pada command line. Jika anda berubah pikiran, anda dapat mengembalikannya dengan mengetik ulang perintah di atas.

9. XP memiliki ClearType, sebuah teknologi anti-aliasing font display dari Microsoft. Namun software ini tidak langsung bekerja secara default. Untuk menjalankannya, klik kanan mouse pada desktop, pilih properties > Appearance > Effects > ClearType lalu aktifkan pilihan tersebut. Jika anda juga ingin mengaplikasikan Cleartype pada tampilan login awal, aturlah HKEY_USERS/.DEFAULT/ControlPanel/Desktop/FontSmoothing Type menjadi 2.

10. Anda dapat menggunakan Remote Assistance untuk membantu teman anda yang menggunakan Network Address Translation (NAT) pada jaringan rumah tetapi tidak otomatis. Minta teman anda untuk mengundang Remote Assistance kepada anda melalui email kemudian edit file tersebut. Di bawah atribut RCTICKET akan terdapat IP address. Ganti angka tersebut dengan IP Address milik teman anda (mereka dapat menemukannya melalui www.whatismyip.com) dan pastikan kalau mereka telah membuka port 3389 pada firewall mereka.


11. Anda dapat menjalankan program sebagai user yang berbeda tanpa harus logout. Klik kanan pada ikon program lalu pilih Run As dan masukkan user name dan password yang ingin anda gunakan. Ini hanya berlaku pada program tersebut saja.

12. Windows XP dapat sangat mengganggu dalam hal pengecekan auto updates, registering a passport, dan lain-lain. Anda dapat menghilangkan hal-hal tersebut dengan menjalankan Regedit, pergi ke HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/Current Version/Explorer/Advanced dan ubahlah nilai DWORD yang bernama EnableBallonTips menjadi 0.

13. Anda dapat melakukan start up tanpa harus memilih user name atau password. Pilih run dari menu START dan ketik 'control userpasswords2', yang akan membuka aplikasi user account. Pada users tab, bersihkan kotak dari Users Must Enter A User Name And Password To Use This Computer lalu klik OK. Sebuah dialog otomatis log on akan muncul dan anda diminta memilih akun siapa yang akan anda gunakan.

14. Internet Explorer 6 akan secara otomatis menghapus temporary file namun hanya jika anda memintanya. Pilih browser lalu pilih Tools/Internet Options. Cari bagian Security area dan centanglah kotak tersebut menjadi Empty Temporary Internet Files folder when browser is closed.

15. XP dilengkapi denngan Network Activity Light gratis. Klik kanan pada My Network Places di desktop, kemudian pilih properties. Klik kanan lagi pada description for your LAN or dial-up connection lalu pilih properties, kemudian centang kotak Show icon in notification area when connected box. Anda akan melihat ikon network kecil pada bagian kanan taskbar yang berkedip pada saat jaringan komputer sedang bekerja.

16. Anda dapat mempercepat pemunculan menu START dengan mengganti registry entry HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Desktop/MenuShowDelay dari default 400 menjadi lebih kecil bahkan 0.

17. Anda dapat merename tumpukan file seketika pada Windows Explorer. Highlight sebuah set file pada window, dan klik kana pada salah satunya kemudian ganti namanya. File-file lain juga akan terganti namanya dengan nomor individual di dalam kurang untuk membedakan antar file.

18. Windows Media Player dapat menampilkan cover album dari musik yang sedang anda mainkan jika ia menemukan gambar albumnya melalui internet. Jika tidak menemukan, anda dapat memasukkan sampul album itu sendiri. Panggil saja 'folder.jpg' dan Windows Media Player akan mencari dan menampilkannya.

19. Tombol windows + Break akan menampilkan kotak dialog System Properties, Tombol Windows + D menampilkan desktop, dan tombol Windows + Tab menampilkan taskbar saja.

20. Windows XP diam-diam mengetahui kalau rata-rata penggunanya sangat bodoh sehingga mereka tidak mengerti apa yang mereka kerjakan. Untuk itu, XP tidak akan membiarkan anda secara mudah melakukan hal bodoh seperti menghapus direktori Windows (Setidaknya tidak tanpa harus menghabiskan waktu beberapa jam untuk meyakinkan apakah pengguna ingin melakukan hal tersebut).

Menurut Loe: 

9 Komentar di "20 Hal dari XP Yg Tidak Diketahui Orang Awam"



  1. kahfinyster Bilang,

    oh,,gini toh,,hhe,,

    thx dah mampir ke rumah baru gue,, :-)

     

  2. Anonim Bilang,

    http://www.ip-adress.com does it better

     



  3. Chalief Bilang,

    @ kahfinyster annosmile
    Sama2...Keep Blogging bro..

    @ Anonim Rachmat Arma
    Iya kayanya, terima yg ada aja deh..hehe

     

  4. Pingin Ngeblog Bilang,

    Nice info bro.. trims dah mampir ke blogku

     

  5. syem Bilang,

    tank's....
    jujur gw agak awam masalh gnian...

     

  • :)
  • :(
  • ;)
  • :D
  • :L
  • :$
  • :p
  • :k
  • :o
  • :@
  • :v
  • :c
  • :O
  • :r
  • :y
  • :#
  • :x
  • :~
  • :f
  • :d
  • :t
  • :s
  • :h
  • :B
  • :C
  • :w
  • :a

Posting Komentar

Loe Bisa Tinggalkan Komentar Disiniiiiii....^_^
TERIMAKASIH BUAT KOMENTAR-nya....Keep Bloging..
C H A L I E F O R E V E R

Next previous home

Text Widget

Text Widget

    About Me

    Foto Saya
    Muhammad Syarif Abdillah
    Lihat profil lengkapku

    Daftar Artikel

    5 Artikel Terakhir

    5 Komentar Terakhir

    Top Komentator
    100 Blog Indonesia Terbaik blog-indonesia.com
    Kafe Blogger
    Kafe Blogger
    Computers TopOfBlogs
    Personal blogs

    eXTReMe Tracker